Senin, 09 September 2019

contoh partikularisme kelompok

nadilla zafira
10 ips 2

Partikularisme adalah sistem yang mengutamakan kepentingan pribadi diatas kepentingan umum atau aliran politik, ekonomi, kebudayaan yang membandingkan daerah atau kelompok sekunder khusus. Dalam masyarakat partikularisme ini sering terjadi pada mereka yang hanya dapat memikirkan dirinya sendiri saja tanpa memperdulikan yang ada disekitarnya. Partikularisme yang ada di masyarakat ini, secara sosialogi, sikap dan pandang partikularisme ini cenderung memacu konfilik apa bila kita hidup ditengah-tengah masyarakat  yang majemuk dan heterogen. Partikularisme juga dapat menghambat integrasi sosial dan nasional.

Dalam partikularisme dapat dilihat dari dimensi sikap, dimana hubugan antar kelompok sering muncul sikap atau perlilaku berbeda. Apa bila kondisi tersebut tidak di imbangi dengan sikap saling menghargai antar individu dengan kelompok maka kehidupan masyarakat tersebut mempunyai kondisi yang tidak stabil, oleh karena itu partikularisme cendurung mendorong suatu pandangan yang subjektif dan tidak objektif.

Contoh partikularisme dalam kehidupan sehari-hari adalah seorang pemimpin di suatu perusahaan kontruksi hanya memperkerjakan buruh yang berasal dari kampungnya sendiri. Jika dilihat dari contoh tersebut bisa disimpulkan bahwa contoh partikularisme tersebut bisa memicu terjadinya konflik dalam menghambat integrasi sosial. Oleh karena itu untuk menghindari konflik yang terjadi dan menghambat pada integrasi sosial.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari konflik yaitu adil dan bertanggung jawab, saling bekerja sama dalam menyelesaikan masalah, kita memfokuskan diri pada persoalan bukan kesalahan.

Lalu untuk menghindari hambatan integrasi sosial ada beberapa cara dan disertai dengan proses dari integrasi sosial. Yang pertama saling mengisi kebutuhan dalam arti kebutuhan fisik, dan sosial yang dipenuhi dengan sisstem sosial, menciptakan kesepakatan bersama mengenai norma dan nilai sosialdan menjalankan norma secara konsisten.

misalnya

  • Orang-orang yang mau bergaul hanya dengan orang-orang yang berasal dari suku yang sama
  • Seseorang yang dalam kelompok mengharuskan seluruh anggota kelompok menginginkan apa yang dia mau




Sent from my iPhone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar